ISLAM NUSATARA
1. Apa pengertian Islam Nusantara?
2. Dan Bagaimana Islam didakwahkan di Nusantara?
3. Bagaimana Islam dipahami oleh Ulama Nusantara?
4. Bagaimana Islam diamalkan atau dipraktekkan kaum muslimin Nusantara?
Konsep Islam Nusantara
Islam Nusantara adalah Islam Ahlu Sunnah wal Jama’ah yang diamalkan, didakwahkan, dan dikembangkan sesuai karaktersitik masyarakat di bumi Nusantara.
Islam Nusantara adalah Islam yang mewujud sebagai peradaban di wilayah Nusantara. Dengan perkataan lain, Islam Nusantara adalah hasil dialektika antara Islam dan kebudayaan masyarakat Nusantara. Islam Nusantara tak anti tradisi. Bahkan, ajaran Islam dan `urf-tradisi masyarakat tak dipertentangkan, sebab keduanya saling mempersyaratkan. Jika `urf membutuhkan ajaran Islam agar tradisi tersebut tak menghancurkan nilai-nilai kemanusiaan, maka Islam juga membutuhkan `urf karena `urf merupakan ladang tempat berjalannya ajaran Islam.
Itu sebabnya para ulama yang hendak mengeluarkan fatwa hukum perlu mengerti tradisi masyarakat. Imam Syihab al-Din al-Qarafi dalam kitab al-Furuq menasehati para ahli fikih yang hendak memberikan fatwa:
ولا تجمد على المسطور فى الكتب طول عمرك. بل إذا جاءك رجل من غير أهل إقليمك يستفتيك لاتجره على عرف بلدك واسأله عن عرف بلده وأجره عليه وأفته به من دون عرف بلدك والمقرر فى كتبك فهذا هو الحق الواضح. والجمود على المنقولات أبدا ضلال فى الدين وجهل بمقاصد علماء المسلمين والسلف الماضين
“Janganlah anda terpaku pada apa yang tertulis dalam kitab-kitab sepanjang umurmu. Jika datang kepadamu seorang laki-laki dari luar daerah untuk meminta fatwa, maka jangan terapkan sebuah hukum menurut tradisi yang berlaku di daerahmu. Tanyakanlah kepadanya tentang tradisi yang berjalan di daerahnya, lalu berilah fatwa berdasarkan tradisi di daerahnya bukan berdasarkan tradisi yang ada di daerahmu dan bukan berdasarkan keputusan yang tercantum dalam kitab-kitabmu. Ini adalah kebenaran yang nyata. Sungguh terpaku pada teks semata merupakan kesesatan yang nyata selamanya. Itu menunjukkan ketidak-tahuan untuk menangkap maksud-maksud para ulama salaf-terdahulu”.
Tentang `urf atau tradisi, Abdul Wahab Khallaf membuat pernyataan demikian:
ولهذا قال العلماء: العادة شريعة محكمة. والعرف فى الشرع له اعتبار. والإمام مالك بنى كثيرا من أحكامه على عمل أهل المدينة. وابو خنيفة وأصحابه اختلفوا فى أحكام بناء على اختلاف أعرافهم . والشافعى لما هبط إلى مصر غير بعض الأحكام التى كان قد ذهب إليها وهو فى بغداد لتغير العرف. ولهذا له مذهبان قديم وجديد. وفى فقه الحنفية أحكام كثيرة مبنية على العرف. ومن العبارات المشهورة المعروف عرفا كالمشروط شرطا. والثابت بالعرف كالثابت بالنص
“Oleh karena itu para ulama berkata: al-`adat syari`ah muhakkamah (adat adalah syariat yang dijadikan hukum). Dan adat kebiasaan (`urf) dalam syara` harus dipertimbangkan. Imam Malik membangun banyak hukum dengan bertumpu pada perilaku penduduk Madinah. Imam Abu Hanifah dan para ulama pendukungnya berbeda pendapat dalam soal hukum yang diakibatkan perbedaan adat kebiasaan mereka. Setelah berdiam diri di Mesir, Imam Syafii mengubah sebagian pendapat hukumnya yang ditetapkan ketika dia berada Baghdad. Ini karena perbedaan tradisi (dua negeri itu). Karena itu, ia mempunyai dua pandangan hukum, yang lama (qaul qadim) dan yang baru (qaul jadid). Dan dalam fikih Hanafi banyak hukum yang didasarkan pada adat kebiasaan. …. Karena itu ada ungkapan-ungkapan populer, “al-ma`rufu `urfan ka al-masyruthi syarthan” (yang baik menurut adat kebiasaan adalah sama nilainya dengan syarat yang harus dipenuhi); “al tsabit bi al-nash ka al-tsabiti bi al-nash” (apa yang ditetapkan oleh tradisi sama nilanya dengan apa yang ditetapkan berdasarkan nash (Qur`an atau Hadits).
Ini menunjukkan, Islam menghargai kreasi-kreasi kebudayaan masyarakat. Sejauh tradisi itu tak menodai prinsip-prinsip kemanusiaan, maka ia bisa dipertahankan. Sebaliknya, jika tradisi itu mengandung unsur yang mencederai martabat kemanusiaan (كرامة إنسانية), maka tak ada alasan untuk melestarikan. Dengan demikian, Islam Nusantara di samping bersifat persuasif juga bersifat kritis pada tradisi karena tradisi memang tak kebal kritik.
Sikap itulah yang diterapkan para ulama dalam mendakwahkan Islam ke Nusantara.Dalam menyampaikan ajaran Islam Wali Songo misalnya menggunakan cara-cara persuasif bukan konfrontatif. Anasir-anasir Arab yang tak menjadi bagian dari ajaran Islam tak dipaksakan untuk diterapkan.
Bahkan, tak jarang Islam mengakomodasi budaya masyarakat Nusantara. Tradisi sesajen yang sudah berlangsung lama dibiarkan berjalan untuk selanjutnya diberi makna baru.Sesajen dimaknai sebagai bentuk kepedulian kepada sesama bukan sebagai pemberian terhadap dewa. Begitu juga tradisi nyadran dengan mengalirkan satu kerbau ke pantai Jawa tak dihancurkan, melainkan diubahnya hanya dengan membuang kepala kerbau atau kepala sapi ke laut. Nyadran tak lagi dimaknai sebagai persembahan pada dewa, melainkan sebagai wujud syukur kepada Allah.
Itu cara dakwah yang ditempuh para ulama Nusantara yang ternyata efektif dalam mengubah masyarakat. Dalam berdakwah, para ulama Nusantara mengamalkan firman Allah, ud`u ila sabili rabbika bil hikmah wal maw`idhatil hasanah wa jadilhum billati hiya ahsan. Dengan cara dan strategi dakwah yang demikian, dalam perkembangannya Islam tampil menjadi agama yang paling banyak dianut masyarakat Nusantara.
Dengan penjelasan itu, maka diketahui bahwa Islam Nusantara lebih banyak bergerak pada aspek fikih dakwah (فقه الدعوة), yaitu bagaimana Islam didakwahkan bukan bagaimana bagaimana mengistinbathkan hukum dari al-Qur’an dan al-Sunnah. Dengan perkataan lain, Islam Nusantara tak banyak masuk pada wilayah takhrij al-manath melainkan pada wilayah tahqiq al-manath. Dalam konteks itu berlaku kaidah fikih, “taghayyur al-ahkam bi taghayyur al-azminah wa al-amkinah wa al-ahwal wa al-`adat” (perubahan hukum mengikuti perubahan situasi, kondisi, dan tradisi).
Dengan demikian, jelas bahwa Islam Nusantara tak memasuki wilayah ibadah mahdhah dan wilayah aqidah. Sebab, dua wilayah tak mengalami perubahan di setiap ruang zaman. Bangunan shalat orang Islam Nusantara misalnya sama saja dengan bangunan shalat orang Islam di tempat-tempat lain. Begitu juga dalam bidang aqidah. Nabi yang menjadi rujukan umat Islam Nusantara adalah nabi yang juga menjadi rujukan umat Islam di negeri-negeri lain, yaitu Nabi Muhammad SAW. Begitu juga, kitab suci yang menjadi acuan umat Islam Nusantara adalah kitab suci yang juga menjadi acuan umat Islam di wilayah-wilayah lain, yaitu kitab al-Qur’an al-Karim.
Download DOC |
Download DOC |
Lihat Juga :
Hasil Bahtsul Masail Pra Munas & Konbes Nahdlatul Ulama Pdf
Status Non-Muslim Dalam Kehidupan Bermasyarakat Dan Bernegara
Kedekatan Kh. Ma'ruf Amin Dengan Gusdur
Status Non-Muslim Dalam Kehidupan Bermasyarakat Dan Bernegara
Kedekatan Kh. Ma'ruf Amin Dengan Gusdur
Keyword :
islam nusantara
islam nusantara adalah
islam nusantara sesat
islam nusantara pdf
islam nusantara nu
pengaruh islam terhadap nusantara dalam bidang sosial budaya dan kesenian
video islam nusantara
islam nusantara nu online
islam nusantara news
islam nusantara menurut habib luthfi
islam nusantara center
smk islam nusantara comal
islam nusantara said aqil
islam nusantara menurut ulama
wacana islam nusantara
islam nusantara ebook
islam nusantara sesat 2018
islam nusantara abdul somad
tradisi islam nusantara kelas 9
islam nusantara buku
ensiklopedi islam nusantara
ensiklopedia islam nusantara
universitas islam nusantara jurusan
islam nusantara adalah agama sejati
islam nusantara artinya
islam nusantara gus mus
islam nusantara jurnal
islam nusantara menurut abdul somad
islam nusantara sesat dan menyesatkan
islam nusantara vs islam arab
islam nusantara jaringan global dan lokal
islam nusantara cak nun
islam nusantara menurut cak nun
esai islam nusantara
islam nusantara adi hidayat
islam nusantara habib rizieq
islam nusantara hizbut tahrir
islam nusantara menurut muhammadiyah
islam nusantara menurut ustadz adi hidayat
islam nusantara pendiri
islam nusantara.com
akreditasi universitas islam nusantara 2018
apa itu islam nusantara nu online
arkeologi islam nusantara uka tjandrasasmita pdf
epistemologi islam nusantara
idrus romli islam nusantara
islam dan wawasan nusantara
islam datang ke wilayah nusantara abad ke
islam di nusantara era modern
islam dibawa ke nusantara oleh siapa
islam masuk nusantara abad 7
islam masuk nusantara tahun
islam nusantara 2015
islam nusantara 2018
islam nusantara 2019
islam nusantara abad 7
islam nusantara ada sejak kapan
islam nusantara adalah agama sesat islam arab adalah agama penjajah
islam nusantara adalah tipologi
islam nusantara adian husaini
islam nusantara al waie
islam nusantara ala nu
islam nusantara anti radikal
islam nusantara apakah sesat
islam nusantara aqil siroj
islam nusantara aswaja
islam nusantara baca quran logat jawa
islam nusantara bahtsul masail
islam nusantara berasal dari
islam nusantara berkemajuan
islam nusantara berkembang dengan cara
islam nusantara brainly
islam nusantara bukan islam arab
islam nusantara bukan mazhab
islam nusantara buku pdf
islam nusantara buya yahya
islam nusantara center south tangerang city banten
islam nusantara centre
islam nusantara channel
islam nusantara cinta rasul
islam nusantara comal
islam nusantara dalam al quran
islam nusantara dalam ilmu nahwu
islam nusantara dan contohnya
islam nusantara dan islam arab
islam nusantara dan islam berkemajuan
islam nusantara dan jokowi
islam nusantara dan nu
islam nusantara dan pola penerapan syariat
islam nusantara dan syiah
islam nusantara dari ushul fiqh hingga paham kebangsaan
islam nusantara dari ushul fiqh hingga paham kebangsaan pdf
islam nusantara dari ushûl fiqh hingga konsep historis
islam nusantara di indonesia
islam nusantara di mata dunia
islam nusantara didirikan oleh
islam nusantara digagas oleh
islam nusantara english
islam nusantara eramuslim
islam nusantara facebook
islam nusantara felix siauw
islam nusantara fpi
islam nusantara gagasan siapa
islam nusantara gegerkan dunia
islam nusantara gus dur
islam nusantara gus muwafiq
islam nusantara gus nadir
islam nusantara gus nur
islam nusantara gus sholah
islam nusantara habib
islam nusantara habib luthfi
islam nusantara hamid fahmy
islam nusantara hanya istilah
islam nusantara haram
islam nusantara hasil muktamar
islam nusantara hasyim muzadi
islam nusantara hoax
islam nusantara idrus ramli
islam nusantara islam proposal
islam nusantara itu apa sih
islam nusantara jakarta post
islam nusantara jaringan global dan lokal pdf
islam nusantara jepara
islam nusantara jil
islam nusantara jilbab
islam nusantara jurnal pdf
islam nusantara kafir
islam nusantara kaskus
islam nusantara kh afifuddin muhajir
islam nusantara kh maruf amin
islam nusantara kh said aqil
islam nusantara khalid basalamah
islam nusantara komik
islam nusantara kompasiana
islam nusantara konsultasi syariah
islam nusantara kontra
islam nusantara lahir
islam nusantara langgam jawa
islam nusantara latar belakang
islam nusantara ldii
islam nusantara lebih baik dari islam arab
islam nusantara lgbt
islam nusantara liberal
islam nusantara lirik
islam nusantara lombok
islam nusantara lucu
islam nusantara ma'ruf
islam nusantara maimun zubair
islam nusantara makalah
islam nusantara melawan penjajah eropa
islam nusantara mendunia
islam nusantara menurut
islam nusantara menurut al quran
islam nusantara menurut anwar zahid
islam nusantara menurut gus dur
islam nusantara menurut gus muwafiq
islam nusantara menurut ilmu nahwu
islam nusantara menurut said aqil
islam nusantara menurut tengku zulkarnain
islam nusantara menurut yahya staquf
islam nusantara menurut zakir naik
islam nusantara muslim.or.id
islam nusantara nadirsyah hosen
islam nusantara news 212
islam nusantara ngaji
islam nusantara nu pdf
islam nusantara nu.or.id
islam nusantara oemar mita
islam nusantara pengertian
islam nusantara pertanyaan
islam nusantara pmii
islam nusantara ppt
islam nusantara pro dan kontra
islam nusantara pro kontra
islam nusantara proyek liberal
islam nusantara pwnu jatim
islam nusantara quraish shihab
islam nusantara qurban ayam
islam nusantara rahmatan lil alamin
islam nusantara republika
islam nusantara rumah fiqih
islam nusantara rumaysho
islam nusantara rusia
islam nusantara salim a fillah
islam nusantara sejak kapan
islam nusantara sejarah
islam nusantara sesat atau tidak
islam nusantara shalat di gereja
islam nusantara shalat pakai bahasa indonesia
islam nusantara sholat bahasa indonesia
islam nusantara tengku zulkarnain
islam nusantara tgb
islam nusantara tidak ada
islam nusantara tidak laku
islam nusantara tidak mengakui allah sebagai tuhan
islam nusantara tokoh
islam nusantara uas
islam nusantara uin
islam nusantara uin malang
islam nusantara ulil abshar
islam nusantara ust adi hidayat
islam nusantara ustadz abdul somad
islam nusantara ustadz adi hidayat
islam nusantara versi muhammadiyah
islam nusantara versi nu
islam nusantara versi said aqil
islam nusantara versi uas
islam nusantara versi ustadz abdul somad
islam nusantara vs
islam nusantara vs fpi
islam nusantara vs wahabi
islam nusantara wahabi
islam nusantara wali songo
islam nusantara wikipedia
islam nusantara www.nu.or.id
islam nusantara yahya
islam nusantara yang berkemajuan
islam nusantara youtube
kerajaan islam nusantara abad xvi & xvii
kerajaan islam nusantara yang dimurtadkan
kesesatan islam nusantara rumaysho
kesultanan islam nusantara yang dikuasai oleh imperialisme barat tahun 1511
konsep islam nusantara oleh nu
materi islam nusantara kelas 9
museum islam nusantara jombang
museum islam nusantara tebuireng
pejuang islam nusantara yang telah berjuang mengusir penjajah
pengaruh islam terhadap nusantara dalam bidang politik
pengertian tradisi islam nusantara yang tepat berikut ini adalah
peresmian islam nusantara oleh jokowi
qori islam nusantara
quotes islam nusantara
quran islam nusantara
radio islam nusantara online
sejarah islam nusantara ebook
senam islam nusantara 2018
senam islam nusantara youtube
smk islam nusantara 1 comal
tokoh islam nusantara 2018
tokoh islam nusantara tahun 1800
tradisi islam nusantara wayang
universitas islam nusantara 2018
zikir islam nusantara
0 comments
Post a Comment