Friday 19 April 2019

Mengenal Lebih Dalam Islam Nusantara (+Doc)

ISLAM NUSATARA
1. Apa pengertian Islam Nusantara? 
2. Dan Bagaimana Islam didakwahkan di Nusantara?
3. Bagaimana Islam dipahami oleh Ulama Nusantara?
4. Bagaimana Islam diamalkan atau dipraktekkan kaum muslimin Nusantara?

Mengenal Lebah Dalam Islam Nusantara

Konsep Islam Nusantara

Islam Nusantara adalah Islam Ahlu Sunnah wal Jama’ah yang diamalkan, didakwahkan, dan dikembangkan sesuai karaktersitik masyarakat di bumi Nusantara. 

Islam Nusantara adalah Islam yang mewujud sebagai peradaban di wilayah Nusantara. Dengan perkataan lain, Islam Nusantara adalah hasil dialektika antara Islam dan kebudayaan masyarakat Nusantara. Islam Nusantara tak anti tradisi. Bahkan, ajaran Islam dan `urf-tradisi masyarakat tak dipertentangkan, sebab keduanya saling mempersyaratkan. Jika `urf membutuhkan ajaran Islam agar tradisi tersebut tak menghancurkan nilai-nilai kemanusiaan, maka Islam juga membutuhkan `urf karena `urf merupakan ladang tempat berjalannya ajaran Islam. 

Itu sebabnya para ulama yang hendak mengeluarkan fatwa hukum perlu mengerti tradisi masyarakat. Imam Syihab al-Din al-Qarafi dalam kitab al-Furuq menasehati para ahli fikih yang hendak memberikan fatwa:

ولا تجمد على المسطور فى الكتب طول عمرك. بل إذا جاءك رجل من غير أهل إقليمك يستفتيك لاتجره على عرف بلدك واسأله عن عرف بلده وأجره عليه وأفته به من دون عرف بلدك والمقرر فى كتبك فهذا هو الحق الواضح. والجمود على المنقولات أبدا ضلال فى الدين وجهل بمقاصد علماء المسلمين والسلف الماضين

“Janganlah anda terpaku pada apa yang tertulis dalam kitab-kitab sepanjang umurmu. Jika datang kepadamu seorang laki-laki dari luar daerah untuk meminta fatwa, maka jangan terapkan sebuah hukum menurut tradisi yang berlaku di daerahmu. Tanyakanlah kepadanya tentang tradisi yang berjalan di daerahnya, lalu berilah fatwa berdasarkan tradisi di daerahnya bukan berdasarkan tradisi yang ada di daerahmu dan bukan berdasarkan keputusan yang tercantum dalam kitab-kitabmu. Ini adalah kebenaran yang nyata. Sungguh terpaku pada teks semata merupakan kesesatan yang nyata selamanya. Itu menunjukkan ketidak-tahuan untuk menangkap maksud-maksud para ulama salaf-terdahulu”. 

Tentang `urf atau tradisi, Abdul Wahab Khallaf membuat pernyataan demikian:

ولهذا قال العلماء: العادة شريعة محكمة. والعرف فى الشرع له اعتبار. والإمام مالك بنى كثيرا من أحكامه على عمل أهل المدينة. وابو خنيفة وأصحابه اختلفوا فى أحكام بناء على اختلاف أعرافهم . والشافعى لما هبط إلى مصر غير بعض الأحكام التى كان قد ذهب إليها وهو فى بغداد لتغير العرف. ولهذا له مذهبان قديم وجديد. وفى فقه الحنفية أحكام كثيرة مبنية على العرف. ومن العبارات المشهورة  المعروف عرفا كالمشروط شرطا. والثابت بالعرف كالثابت بالنص

“Oleh karena itu para ulama berkata: al-`adat syari`ah muhakkamah (adat adalah syariat yang dijadikan hukum). Dan adat kebiasaan (`urf) dalam syara` harus dipertimbangkan. Imam Malik membangun banyak hukum dengan bertumpu pada perilaku penduduk Madinah. Imam Abu Hanifah dan para ulama pendukungnya berbeda pendapat dalam soal hukum yang diakibatkan perbedaan adat kebiasaan mereka. Setelah berdiam diri di Mesir, Imam Syafii mengubah sebagian pendapat hukumnya yang ditetapkan ketika dia berada Baghdad. Ini karena perbedaan tradisi (dua negeri itu). Karena itu, ia mempunyai dua pandangan hukum, yang lama (qaul qadim) dan yang baru (qaul jadid).  Dan dalam fikih Hanafi banyak hukum yang didasarkan pada adat kebiasaan. …. Karena itu ada ungkapan-ungkapan populer, “al-ma`rufu `urfan ka al-masyruthi syarthan” (yang baik menurut adat kebiasaan adalah sama nilainya dengan syarat yang harus dipenuhi); “al tsabit bi al-nash ka al-tsabiti bi al-nash” (apa yang ditetapkan oleh tradisi sama nilanya dengan apa yang ditetapkan berdasarkan nash (Qur`an atau Hadits). 

Ini menunjukkan, Islam menghargai kreasi-kreasi kebudayaan masyarakat. Sejauh tradisi itu tak menodai prinsip-prinsip kemanusiaan, maka ia bisa dipertahankan. Sebaliknya, jika tradisi itu mengandung unsur yang mencederai martabat kemanusiaan (كرامة إنسانية), maka tak ada alasan untuk melestarikan. Dengan demikian, Islam Nusantara di samping bersifat persuasif juga bersifat kritis pada tradisi karena tradisi memang tak kebal kritik. 

Sikap itulah yang diterapkan para ulama dalam mendakwahkan Islam ke Nusantara.Dalam menyampaikan ajaran Islam Wali Songo misalnya menggunakan cara-cara persuasif bukan konfrontatif. Anasir-anasir Arab yang tak menjadi bagian dari ajaran Islam tak dipaksakan untuk diterapkan. 

Bahkan, tak jarang Islam mengakomodasi budaya masyarakat Nusantara. Tradisi sesajen yang sudah berlangsung lama dibiarkan berjalan untuk selanjutnya diberi makna baru.Sesajen dimaknai sebagai bentuk kepedulian kepada sesama bukan sebagai pemberian terhadap dewa. Begitu juga tradisi nyadran dengan mengalirkan satu kerbau ke pantai Jawa tak dihancurkan, melainkan diubahnya hanya dengan membuang kepala kerbau atau kepala sapi ke laut. Nyadran tak lagi dimaknai sebagai persembahan pada dewa, melainkan sebagai wujud syukur kepada Allah. 

Itu cara dakwah yang ditempuh para ulama Nusantara yang ternyata efektif dalam mengubah masyarakat. Dalam berdakwah, para ulama Nusantara mengamalkan firman Allah, ud`u ila sabili rabbika bil hikmah wal maw`idhatil hasanah wa jadilhum billati hiya ahsan. Dengan cara dan strategi dakwah yang demikian, dalam perkembangannya Islam tampil menjadi agama yang paling banyak dianut masyarakat Nusantara. 

Dengan penjelasan itu, maka diketahui bahwa Islam Nusantara lebih banyak bergerak pada aspek fikih dakwah (فقه الدعوة), yaitu bagaimana Islam didakwahkan bukan bagaimana bagaimana mengistinbathkan hukum dari al-Qur’an dan al-Sunnah. Dengan perkataan lain, Islam Nusantara tak banyak masuk pada wilayah takhrij al-manath melainkan pada wilayah tahqiq al-manath. Dalam konteks itu berlaku kaidah fikih, “taghayyur al-ahkam bi taghayyur al-azminah wa al-amkinah wa al-ahwal wa al-`adat” (perubahan hukum mengikuti perubahan situasi, kondisi, dan tradisi).

Dengan demikian, jelas bahwa Islam Nusantara tak memasuki wilayah ibadah mahdhah dan wilayah aqidah. Sebab, dua wilayah tak mengalami perubahan di setiap ruang zaman. Bangunan shalat orang Islam Nusantara misalnya sama saja dengan bangunan shalat orang Islam di tempat-tempat lain. Begitu juga dalam bidang aqidah. Nabi yang menjadi rujukan umat Islam Nusantara adalah nabi yang juga menjadi rujukan umat Islam di negeri-negeri lain, yaitu Nabi Muhammad SAW. Begitu juga, kitab suci yang menjadi acuan umat Islam Nusantara adalah kitab suci yang juga menjadi acuan umat Islam di wilayah-wilayah lain, yaitu kitab al-Qur’an al-Karim.

Download DOC |

Lihat Juga : 
Keyword :
islam nusantara islam nusantara adalah islam nusantara sesat islam nusantara pdf islam nusantara nu pengaruh islam terhadap nusantara dalam bidang sosial budaya dan kesenian video islam nusantara islam nusantara nu online islam nusantara news islam nusantara menurut habib luthfi islam nusantara center smk islam nusantara comal islam nusantara said aqil islam nusantara menurut ulama wacana islam nusantara islam nusantara ebook islam nusantara sesat 2018 islam nusantara abdul somad tradisi islam nusantara kelas 9 islam nusantara buku ensiklopedi islam nusantara ensiklopedia islam nusantara universitas islam nusantara jurusan islam nusantara adalah agama sejati islam nusantara artinya islam nusantara gus mus islam nusantara jurnal islam nusantara menurut abdul somad islam nusantara sesat dan menyesatkan islam nusantara vs islam arab islam nusantara jaringan global dan lokal islam nusantara cak nun islam nusantara menurut cak nun esai islam nusantara islam nusantara adi hidayat islam nusantara habib rizieq islam nusantara hizbut tahrir islam nusantara menurut muhammadiyah islam nusantara menurut ustadz adi hidayat islam nusantara pendiri islam nusantara.com akreditasi universitas islam nusantara 2018 apa itu islam nusantara nu online arkeologi islam nusantara uka tjandrasasmita pdf epistemologi islam nusantara idrus romli islam nusantara islam dan wawasan nusantara islam datang ke wilayah nusantara abad ke islam di nusantara era modern islam dibawa ke nusantara oleh siapa islam masuk nusantara abad 7 islam masuk nusantara tahun islam nusantara 2015 islam nusantara 2018 islam nusantara 2019 islam nusantara abad 7 islam nusantara ada sejak kapan islam nusantara adalah agama sesat islam arab adalah agama penjajah islam nusantara adalah tipologi islam nusantara adian husaini islam nusantara al waie islam nusantara ala nu islam nusantara anti radikal islam nusantara apakah sesat islam nusantara aqil siroj islam nusantara aswaja islam nusantara baca quran logat jawa islam nusantara bahtsul masail islam nusantara berasal dari islam nusantara berkemajuan islam nusantara berkembang dengan cara islam nusantara brainly islam nusantara bukan islam arab islam nusantara bukan mazhab islam nusantara buku pdf islam nusantara buya yahya islam nusantara center south tangerang city banten islam nusantara centre islam nusantara channel islam nusantara cinta rasul islam nusantara comal islam nusantara dalam al quran islam nusantara dalam ilmu nahwu islam nusantara dan contohnya islam nusantara dan islam arab islam nusantara dan islam berkemajuan islam nusantara dan jokowi islam nusantara dan nu islam nusantara dan pola penerapan syariat islam nusantara dan syiah islam nusantara dari ushul fiqh hingga paham kebangsaan islam nusantara dari ushul fiqh hingga paham kebangsaan pdf islam nusantara dari ushûl fiqh hingga konsep historis islam nusantara di indonesia islam nusantara di mata dunia islam nusantara didirikan oleh islam nusantara digagas oleh islam nusantara english islam nusantara eramuslim islam nusantara facebook islam nusantara felix siauw islam nusantara fpi islam nusantara gagasan siapa islam nusantara gegerkan dunia islam nusantara gus dur islam nusantara gus muwafiq islam nusantara gus nadir islam nusantara gus nur islam nusantara gus sholah islam nusantara habib islam nusantara habib luthfi islam nusantara hamid fahmy islam nusantara hanya istilah islam nusantara haram islam nusantara hasil muktamar islam nusantara hasyim muzadi islam nusantara hoax islam nusantara idrus ramli islam nusantara islam proposal islam nusantara itu apa sih islam nusantara jakarta post islam nusantara jaringan global dan lokal pdf islam nusantara jepara islam nusantara jil islam nusantara jilbab islam nusantara jurnal pdf islam nusantara kafir islam nusantara kaskus islam nusantara kh afifuddin muhajir islam nusantara kh maruf amin islam nusantara kh said aqil islam nusantara khalid basalamah islam nusantara komik islam nusantara kompasiana islam nusantara konsultasi syariah islam nusantara kontra islam nusantara lahir islam nusantara langgam jawa islam nusantara latar belakang islam nusantara ldii islam nusantara lebih baik dari islam arab islam nusantara lgbt islam nusantara liberal islam nusantara lirik islam nusantara lombok islam nusantara lucu islam nusantara ma'ruf islam nusantara maimun zubair islam nusantara makalah islam nusantara melawan penjajah eropa islam nusantara mendunia islam nusantara menurut islam nusantara menurut al quran islam nusantara menurut anwar zahid islam nusantara menurut gus dur islam nusantara menurut gus muwafiq islam nusantara menurut ilmu nahwu islam nusantara menurut said aqil islam nusantara menurut tengku zulkarnain islam nusantara menurut yahya staquf islam nusantara menurut zakir naik islam nusantara muslim.or.id islam nusantara nadirsyah hosen islam nusantara news 212 islam nusantara ngaji islam nusantara nu pdf islam nusantara nu.or.id islam nusantara oemar mita islam nusantara pengertian islam nusantara pertanyaan islam nusantara pmii islam nusantara ppt islam nusantara pro dan kontra islam nusantara pro kontra islam nusantara proyek liberal islam nusantara pwnu jatim islam nusantara quraish shihab islam nusantara qurban ayam islam nusantara rahmatan lil alamin islam nusantara republika islam nusantara rumah fiqih islam nusantara rumaysho islam nusantara rusia islam nusantara salim a fillah islam nusantara sejak kapan islam nusantara sejarah islam nusantara sesat atau tidak islam nusantara shalat di gereja islam nusantara shalat pakai bahasa indonesia islam nusantara sholat bahasa indonesia islam nusantara tengku zulkarnain islam nusantara tgb islam nusantara tidak ada islam nusantara tidak laku islam nusantara tidak mengakui allah sebagai tuhan islam nusantara tokoh islam nusantara uas islam nusantara uin islam nusantara uin malang islam nusantara ulil abshar islam nusantara ust adi hidayat islam nusantara ustadz abdul somad islam nusantara ustadz adi hidayat islam nusantara versi muhammadiyah islam nusantara versi nu islam nusantara versi said aqil islam nusantara versi uas islam nusantara versi ustadz abdul somad islam nusantara vs islam nusantara vs fpi islam nusantara vs wahabi islam nusantara wahabi islam nusantara wali songo islam nusantara wikipedia islam nusantara www.nu.or.id islam nusantara yahya islam nusantara yang berkemajuan islam nusantara youtube kerajaan islam nusantara abad xvi & xvii kerajaan islam nusantara yang dimurtadkan kesesatan islam nusantara rumaysho kesultanan islam nusantara yang dikuasai oleh imperialisme barat tahun 1511 konsep islam nusantara oleh nu materi islam nusantara kelas 9 museum islam nusantara jombang museum islam nusantara tebuireng pejuang islam nusantara yang telah berjuang mengusir penjajah pengaruh islam terhadap nusantara dalam bidang politik pengertian tradisi islam nusantara yang tepat berikut ini adalah peresmian islam nusantara oleh jokowi qori islam nusantara quotes islam nusantara quran islam nusantara radio islam nusantara online sejarah islam nusantara ebook senam islam nusantara 2018 senam islam nusantara youtube smk islam nusantara 1 comal tokoh islam nusantara 2018 tokoh islam nusantara tahun 1800 tradisi islam nusantara wayang universitas islam nusantara 2018 zikir islam nusantara

0 comments

Post a Comment