Sunday 21 April 2019

Membela Fakta Oleh : Abi Rekso Panggalih (Klarifikasi Fakta Jokowi) PDF

Membela Fakta Oleh : Abi Rekso Panggalih (Klarifikasi Fakta Jokowi) PDF

Membela Fakta

Oleh : Abi Rekso Panggalih

“Pembicaraan publik adalah salah satu cermin peradaban kita. Apa yang menjadi tema, itulah wujud dan rupa masyarakat kita. Pembicaraan publik tidak tiba, tanpa pertentengan”.

Bagi kita, yang tetap ingin jernih dalam polemik publik. Maka hendaklah menghindar dari arus busuk informasi palsu, serta hasutan kebencian. Logika bukan lagi menjadi alat bantu membongkar kebenaran. Tapi logila menjadi sirkus pertunjukan yang mempermainkan kebenaran. Kebenaran tidak lagi menjadi sentral utama, pembicaraan publik. Tetapi, kebenaran justru satu hal yang dihindari. Dengan subtitusi arus informasi palsu.

Buku ini lahir sebagai salah satu dokumen akal sehat. Buku ini bukan membela Presiden Jokowi dengan gelap mata. Tetapi sejujurnya, buku ini dalam rangka membela fakta dengan akal pikiran. 

Fakta, data dan kerja nyata adalah sesuatu yang perlu kita bela. Ini bukan semata-mata alasan dukung-mendukung, tapi ini upaya membangun peradaban.

Hasutan kebencian dan berita palsu adalah problem utama kita. Melakukan klarifkasi atas ftnah dan kebencian terhadap Jokowi, sama nilainya dengan membela fakta.

Membela fakta, adalah mempertahankan kewarasan berfkir. Membela fakta, bukan saja mempertahankan akal sehat ditengah hujaman siasat jahat. Namun juga, melakukan evakuasi berfkir jernih dari banjir bandang kebencian.

Buku ini sekaligus menjadi satu dokumen perjalanan politik kita. Buku ini bukan saja membantah tumpukan kebohongan yang dialamatkan kepada Presiden Jokowi. Lebih dari itu, buku ini menjadi salah satu media untuk mencari kebenaran berdasarkan fakta. Dengan harapan klarifkasi ini menjadi sebuah arsip politik kita. Menandakan, bahwa pernah satu masa, publik kita diguyur dengan hoax secara terus menerus.

Kerukunan yang dulu hidup, kini layu. Seraya kemunafkan tumbuh bertambah. Kedamaian yang dulu menjadi alas. Kini tergilas, oleh tajamnya hasutan kebencian. Disaat itulah, kebenaran dibajak oleh segerombol orang penebar keonaran.

Kebenaran tidak boleh berdiri sendiri. Kita harus berani membela apa ‘yang benar’ dari mereka ‘yang onar’.

Fakta sebagai sebuah entitas kebenaran, nilainya satu. Sedangkan kebohongan terus diproduksi setiap waktu.

Membela fakta, tentu juga menegakan akal sehat. Karena, akal sehat tak boleh rehat!

Jakarta, 27 Januari 2019

Full PDF (Klarifikasi Fakta Jokowi)

Lihat Juga :

Keyword :
fakta jokowi fakta jokowi dan prabowo fakta tentang jokowi fakta pemerintahan jokowi fakta jokowi pembohong fakta unik jokowi fakta mengejutkan tentang jokowi fakta buruk tentang jokowi fakta joko widodo fakta buku jokowi undercover fakta jokowi yang disembunyikan fakta jokowi prabowo fakta mencengangkan jokowi fakta terselubung jokowi 10 fakta jokowi fakta aneh jokowi fakta asal usul jokowi fakta film jokowi fakta iriana jokowi fakta pembangunan jokowi fakta prestasi jokowi fitnah jokowi jokowi difitnah fitnah terhadap jokowi fitnah ke jokowi fitnah kepada jokowi fitnah prabowo kepada jokowi fitnah jokowi komunis jawaban fitnah jokowi kampanye fitnah jokowi fitnah untuk jokowi fitnah tentang jokowi fitnah buat jokowi fitnah fitnah jokowi fitnah jokowi kristen fitnah obor rakyat terhadap jokowi isu fitnah jokowi fitnah ibu jokowi fitnah jokowi 2014 fitnah jokowi di banyuwangi fitnah jokowi di karawang fitnah jokowi di makassar fitnah jokowi emak fitnah jokowi karawang fitnah jokowi ke prabowo fitnah jokowi terbaru fitnah jokowi terhadap prabowo fitnah pks terhadap jokowi fitnah utk jokowi hoax fitnah jokowi ibu2 fitnah jokowi jangan fitnah jokowi jokowi dan fitnah jokowi difitnah papua bicara jokowi diserang fitnah jokowi undercover fitnah meme fitnah jokowi video fitnah jokowi video fitnah jokowi di karawang viral fitnah jokowi

0 comments

Post a Comment